Saturday, June 19, 2010

tazkirah pendek...

ALLAH melapangkan keadaanmu agar engkau tidak tetap dalam keadaan sempit dan ALLAH menyempitkan keadaanmu agar engkau tidak terus dalam kelapangan. DIA melepaskanmu dari keduanya agar engkau terbebas dari segala sesuatu selainNYA

Hidup itu indah jika Allah selalu dihati, karena Allah membaguskan yang buruk, menyembuhkan yang sakit, melapangkan yang sempit, mengkayakan yang miskin, meringankan yang berat hingga hidup menjadi lebih indah seindah ciptaanNYA.

Dosa yang paling berbahaya adalah dosa yang dianggap remeh pelakunya. (Ali bin Abi Thalib).Yang paling ringan adalah meninggalkan sholat, sedemikian ringannya hingga banyak manusia yang tdk merasa berdosa meninggalkannya. (Imam Al-Ghazali).

Zuhud tdk berarti hrs menjadi seorang miskin. Hakikat zuhud terletak pd hati. Seorang yg zuhud memiliki ciri2: tdk merasa bangga terhadap sesuatu yg ada padanya n tdk pula tdk merasa sedih dikala kehilangan nikmat itu. Tdk bangga dgn pujian n tdk pula merasa marah jika dicerca. Selalu mengutamakan cintanya kpd ALLAH n mengurangi cintanya kepada dunia.

Ada tiga perkara yang membinasakan (manusia) yaitu hawa nafsu yang dituruti, kekikiran yang dipatuhi dan seorang yang membanggakan diri sendiri. (H.R. Ath Thabrani dan Anas)

-drp renungan dan kisah inspiratif

No comments:

Post a Comment